Kontainer atau peti
kemas merupakan suatu kemasan yang dirancang khusus dengan ukuran tertentu yang
dapat dipakai berulangkali, dan bisa untuk menyimpan sekaligus mengangkut
muatan yang ada di dalamnya. Filosofi dari KONTAINER adalah
muatan bisa “dibungkus” dalam peti – peti dengan ukuran yang sama sehingga
semua moda transportasi kargo (kapal laut, truk, kereta api) bisa mengangkutnya
secara cepat, aman, dan efisien.
Kontainer yang digunakan
dalam pengangkutan kargo memiliki berbagai ukuran, namun secara umum yang
sering dipakai adalah :
- 20′ (20 feet), kapasitas angkut
kurang lebih 33 CBM dan 20 ton
- 40′ (40 feet), kapasitas angkut
kurang lebih 60 CBM dan 27 ton
- 40′ High Cube (40 feet HC),
kapasitas angkut kurang lebih 76 CBM dan 29 ton
- 45′ High Cube (45 feet HC),
kapasitas angkut kurang lebih 86 CBM dan 30 ton
Sedangkan menurut tujuan
penggunaan atau jenis barang yang dimuat,KONTAINER dapat
digolongkan menjadi :
- General Container
yaitu KONTAINER yang
digunakan untuk mengangkut barang-barang umum (general cargo), meliputi : General
Purpose Container, Open Side Container, Open-Top
Container, Ventilated Container.
- Thermal Container
yaitu kontainer yang
dilengkapi dengan pengatur suhu untuk tujuan tertentu. Yang termasuk kontainer
jenis ini adalah : Insulated Container, Reefer Container, Heated
Container.
- Tank Container
adalah kontainer
berbentuk tangki yang ditempatkan di dalam kerangka peti kemas. Kontainer jenis
ini biasanya untuk muatan cair (bulk liquid) dan gas (bulk
gas).
- Dry Bulk Container
kontainer jenis ini
merupakan general purpose container yang dipergunakan khusus untuk mengangkut
muatan curah (bulk cargo), tetapi untuk memuat atau membongkar muatan tidak
melalui pintu depan seperti pada umumnya melainkan melalui pintu (lubang) di bagian
atas kontainer, sedangkan untuk mengeluarkan muatan melalui pintu (lubang) di
bagian bawah. Lubang di bagian atas tersebut bisa juga digunakan untuk
mengeluarkan muatan dengan cara dihisap (pressure discharge).
- Platform Container
merupakan kontainer yang
hanya terdiri dari lantai dasar dan atau ditambah tiang / dinding penyangga
saja. Kontainer jenis ini biasanya untuk barang-barang yang over
dimension seperti mesin, trafo, dll.
- Special Container
yaitu kontainer yang
khusus dibuat untuk muatan tertentu, misal muatan ternak hidup, mobil,
dll.
Info lebih lanjut
mengenai tarif ekspor dan impor menggunakan kontainer, silahkan
mengubungi kontakkami. Terimakasih atas kepercayaan Anda.
0 komentar:
Posting Komentar